Selasa, 05 Oktober 2010

Pancasila Jadikan Sakti Lagi

Pancasila yang dijadikan dasar negara Republik Indonesia dengan lambang seekor burung dari sekian banyak burung yang paling gagah Burung Garuda. 1 0ktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila sebagai bukti bahwa Pancasila bisa menangkal dari segala rongrongan , Ancaman baik yang datangnya dari dalam maupun dari luar demi keutuhan bangsa ini.BACA SELENGKAPNYA


Harapan dan tujuan kearah itu semua termaktub dalam kelima silanya
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Khidmad Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Namun sungguh disayangkan Kelima sila tersebut diatas belum dijalankan sebagai mana mestinya ,Pancasila yang seharusnya diHayati dan Diamalkan ternyata hanya bisa dihapal danTerpampang saja Diruangan tanpa pernah tahu makna yang sebenarnya, disetiap Upacara bendera Pancasila hanya bisa dan selalu dibacakan serentak. Semua Warga Negara Indonesia tahu Pancasila.

Ironisnya hari Kesaktian Pancasila Ini begitu banyak dinodai dengan peristiwa-peristiwa yang saling bertentangan dengan sila-sila tersebut diatas sebut saja konflik antar Umat Beragama, konflik antar suku , Pelanggaran Hak Asasi manusia, indikasi dan keinginan disintegrasi Bangsa dengan bermunculan aksi-aksi teror , Kasus Korupsi , ketidak adilan dalam segi hukum dan lain-lainnya.

Dengan banyaknya kasus-kasus tersebut diatas tak dapat dipungkiri lagi Pancasila di sebagian banyak orang tak lagi dijalankan , dihayati atau bahkan diamalkan , padahal Pancasila sudah menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia .

Untuk itu perlukah kita kembali kebelakang , mengingatkan kembali Pancasila melalui P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) dengan pola 25 jam, 45 jam bahkan 100 jam kepada masyarakat Indonesia , agar Pemahaman arti dan makna yang melandasi pancasila kembali kesaktiannya serta keampuhannya dan dibuktikan dengan keteraturan hidup dalam bermasyarakat sesuai dengan sila-sila dan lebih spesifik lagi dalam Butir- butir Pancasila yang mengandung nilai-nilai yang luhur.

Garuda Didadaku..Garuda kebanggaanku….Aku yakin Hari ini Pasti menang……..
Pancasila Di Hayati…..Pancasila Di amalkan….Aku Yakin Indonesia pasti Aman…………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar