Jumat, 14 Mei 2010

25 TAHUN SMK YKTB BOGOR UNTUK INDONESIA



Sejak berdirinya tahun 1985 Yayasan Kejuruan Tekhnologi Baru (YKTB) menyelengarakan pendidikan STM (SMK YKTB 1), dengan tekad untuk turut serta dalam usaha dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyiapkan tenaga kerja terampil dan profesional di berbagai Bidang , selanjutnya pada tanggal 17 januari 1990 Yayasan Kejuruan Tekhnologi Baru (YKTB) menyelenggarakan pendidikan dibidang Bisnis Dan Manajemen dengan membuka SMK YKTB 2 BOGOR, dengan program keahlian Sekretaris dan Akutansi.

Pada tahun 1999 SMK YKTB 1 dan 2 BOGOR memperoleh status Akreditasi Disamakan. Sehubungan dengan Perkembangan bisnis retail yang marak dengan manajerial yang baik dan jaringan yang kokoh yang dipelopori oleh pebisnis perdagangan besar, memungkinkan peluang dibidang perdagangan semakin terbuka serta besarnya Animo masyarakat yang ingin mendapatkan pendidikan di YKTB . Atas dasar pemikiran tersebut maka pada tahun 2000, berdiri SMK YKTB 3 BOGOR, yang mengkhususkan pada program keahlian Perdagangan yang bertujuan untuk menyediakan tamatan yang profesional di bidang Perdagangan.
Perkembangan SMK di lingkungan Yayasan Kejuruan Tekhnologi Baru (YKTB) yang sangat cepat tidak bisa dilepaskan dari kerja sama yang baik antara lembaga YKTB dan pelaksana, kualifikasi Staf Pengajar dan Tata Usaha , manajemen yang baik, proses pembelajaran yang kondusif serta faslitas yang memadai sehingga pada tangal 26 pebruari 2005 SMK YKTB 1, 2 dan SMK YKTB 3 memperoleh nilai A dalam akreditasi yang dilakukan Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Propinsoi Jawa Barat Pada Tahun 2005 Dan Tahun 2008 dengan Nilai Akreditasi mencapai 96.63 dan berada di peringkat ke 3 (tiga) dari seluruh SMK yang ada di Prop. Jawa barat.

Dengan hasil akreditasi yang menggembirakan semakin memotivasi penyelenggaraan pendidikan dalam mempersiapkan SMK YKTB menjadi sekolah unggulan dengan standar nasional bahkan SMK YKTB emempersiapkan diri menuju SMK yang Berstandar International .
Selama 25 tahun ini SMK YKTB Bogor memberikan kontribusi yang besar dalam penyapaian pembangunan pendidikan yaitu upaya mencerdaskan kehidupan Bangsa, salah satunya adalah penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan berkualitas sehingga menghasilkan Lulusan yang keterserapannya di Dunia Usaha dan Dunia Industri /intansi pemerintah begitu tinggi, bahkan banyak diantaranya sudah menduduki puncak karier tertinggi di berbagai Bidang kegiatan.
Tak dapat dipungkiri keberadaan SMK YKTB Bogor ditengah-tengah situasi kondisi atau di era globalisasi ini dihadapkan kepada tantangan yang jauh lebih berat ,para tenaga kerja luar negeri yang mencari nafkah di Indonesia bersaing dengan Pencari Lokal yang berbekal kompetensi yang rendah tentunya ini menjadi tantangan berati Buat SMK YKTB Bogor untuk senantiasa meningkatkan kualitas Lulusannya sehingga kedepan daya saing akan dapat dihindari.
Berkenaan dengan hal itu SMK YKTB Bogor terus bebenah diri dari tahun ketahun sesuai dengan tuntutan 8 (delapan ) Standar Nasional Pendidikan PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN yang meliputi
1. standar isi;
2. standar proses;
3. standar kompetensi lulusan;
4. standar pendidik dan tenaga kependidikan;
5. standar sarana dan prasarana;
6. standar pengelolaan;
7. standar pembiayaan;dan
8. standar penilaian pendidikan.
Semua keberhasilan yang sudah dicapai selama 25 tahun ini bukan sesuatu yang dicapai dengan mudah butuh perjuangan dan pengorbanan yang sangat besar dan dukungan dari berbagai pihak baik warga sekolah , pemerintah maupun keterlibatan masyarakat.
SMK YKTB tentunya tak akan pernah berakhir sampai disini , selama pencapaian mencerdaskan bangsa belum terwujud.

======DIRGAHAYU SMK YKTB BOGOR==========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar