Rabu, 12 Mei 2010

GO GREEN SCHOOL : SMK YKTB YANG PEDULI PADA LINGKUNGAN





Kepedulian SMK YKTB B0G0R terhadap Perubahan Iklim dan Pemanasan Global, sudah menjadi komitmen usaha yang akan diterapkan secara berkesinambungan yang mendukung program peduli pada kelestarian lingkungan dan pembangunan yang ramah lingkungan.
Konsep yang ditawarkan SMK YKTB memberikan dukungan secara langsung maupun tidak langsung bagi kelestarian lingkungan, diantaranya adalah dengan cara mensosialisasikan serta memberikan edukasi bagi para Siswa dan warga sekolah. Dalam mengupayakan hidup lebih sehat dan nyaman, tetapi juga berdampak besar dalam mencegah perubahan iklim yang sedang terjadi.


Tujuan Penerapan GGS:
1. Terwujudnya kepedulian lingkungan dari warga SMK YKTB BOGOR
2. Terwujudnya sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi di SMK YKTB BOGOR
3. Meningkatnya peran dan keberadaan SMK YKTB BOGOR bagi masyarakat dalam menangani persoalan lingkungan Hidup
Program-program GGS yang dilaksanakan:
1. Pembentukan Unit Ekstra Kurikuler GS (Green School)
Ektra kurikuler Green school adalah berisikan siswa SMK YKTB BOGOR yang mendukung program peduli pada kelestarian lingkungan dan pembangunan yang ramah lingkungan.
Green School SMK YKTB BOGOR menjadi bagian dari ekstra kurikuler sejak Juli 2009, dan diharapkan kedepan menjadi Ektra kurikuler yang mempunyai kontribusi yang besar bagi SMK YKTB BOGOR disamping Ektra Kurikuler yang lainnya.
Kegiatan –kegiatan yang diprogram dan sedang dilakukan yaitu Sosialisasi yang mendukung program peduli pada kelestarian lingkungan dan pembangunan yang ramah lingkungan. Misalnya : penggunaan kembali (re-use) dari sampah plastik menjadi produk-produk siap pakai (seperti tas, dompet, tempat pensil, kartu ucapan, kantong alat mandi, dll.).
1. Pengelolaan Sampah Sekolah
Sampah yang diproduksi oleh warga SMK YKTB BOGOR terdiri dari sampah kertas (dari Tata Usaha Sekolah/ ataupun dari siswa ), sampah plastik, kaleng minuman, daun-daun, dan sampah basah. Pada saat ini memang belum ada kegiatan untuk mendaur ulang sampah-sampah tersebut, kegiatannya sementara masih berupa sosialisasi agar warga sekolah bisa terbiasa memilah sampah organik maupun non organik dan membuang sampah sampahtersebut pada tong sampah yang sudah di sediakan.

2. Pengintegrasian Isu Lingkungan Ke Dalam Mata Pelajaran / Kegiatan Pembelajaran
Untuk menanamkan kesadaran melestarikan lingkungan kepada siswa akan efektif jika melalui mata pelajaran atau kegiatan pembelajaran. Dengan berkembangnya wacana, maka SMK YKTB BOGOR mensinergikan muatan lokal Pendidikan Lingkungan Hidup yang pada penekannya lebih mengarah kepada hal-hal implentasi lingkungan hidup.

3. Sosialisai /Kampanye Lingkungan
Kegiatan sosialisasi ini bermaksud untuk menyebarkan benih kesadaran lingkungan kepada berbagai khalayak di luar Green School baik di lingkungan SMK YKTB BOGOR maupun di luar sekolah melalui penyebaran informasi lewat brosur atau spanduk bahkan sosialisasi dengan tatap muka langsung kepada warga sekolah.
4. Hematlah Air, Listrik
Sayangilah air karena kini air bersih tidak melimpah seperti dulu lagi. Sumber-sumber air semakin berkurang, sementara kebutuhan meningkat terus. Dan listrik pun dihemat melalui lampu2 harus dimatikan waktu kondisi terang,
5.Penyelenggaraan lomba kreativitas daur ulang
bertujuan untuk menggerakkan dan menumbuhkan kreativitas para siswa atau warga sekolah untuk dapat turut serta mengurangi sampah, dengan cara mendaur-ulang kembali, atau dengan menggunakannya kembali (mengubahnya menjadi produk siap pakai).
6. penyediaan pohon atau tanaman
Upaya ini hanya dengan menambah tanaman atau pohon dengan media pot dikarenakan lahan yang terbatas , dengan media ini SMK YKTB terlihat Hijau dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar