Kamis, 06 Mei 2010

inilah Pekerjaan Sri Mulyani di Bank Dunia

Sri Mulyani
(inilah.com/Wirasatria)


INILAH.COM, Jakarta - Sebagai Managing Director Bank Dunia, Sri Mulyani akan bertanggung jawab di tiga wilayah operasional: Amerika Latin dan Karibia, Timur Tengah dan Afrika Utara, Asia Timur dan Pasifik.

Penunjukan Sri Mulyani sebagai managing director itu sendiri, dilakukan setelah melalui proses pencarian berskala internasional.

Dalam rilis Bank Dunia yang dilansir di website-nya tanggal 4 Mei 2010 disebutkan bahwa, Sri Mulyani adalah satu dari tiga Managing Director World Bank Group.


Sri Mulyani akan bergabung pada tanggal 1 Juni 2010, dan akan menjalani masa orientasi selama satu bulan sampai akhir Juni saat pejabat yang digantikannya, Juan Jose Daboub, resmi meninggalkan World Bank Group.


World Bank atau Bank Dunia berbeda dengan World Bank Group atau Grup Bank Dunia. Bank Dunia hanya merujuk pada dua lembaga keuangan internasional, yakni International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) dan International Development Association (IDA). Sementara Grup Bank Dunia, selain dua lembaga di atas juga terdiri dari International Finance Corporation (IFC), Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA), dan International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID).

Bank Dunia Grup berdiri menyusul Perjanjian Breeton Woods, 27 Desember 1945, didahului Konferensi Moneter dan Keuangan PBB pada bulan Juli sebelumnya. Didirikan pertama kali untuk membangun kembali negara-negara blok Barat yang hancur akibat Perang Dunia Kedua.

Setelah itu, bantuan Grup Bank Dunia diberikan kepada negara-negara dunia ketiga yang memilih bergabung dengan blok Barat.

Keterlibatan Grup Bank Dunia dalam pembangunan di banyak negara dunia ketiga atau negara berkembang menuai kritik, tidak terkecuali dari orang dalam Grup Bank Dunia sendiri.

Mantan Chief Economist Joseph Stiglitz, misalnya, mengkritik pembangunan yang menggunakan resep Grup Bank Dunia pada kenyataannya mempertahankan struktur ketidakadilan global.[*/ims]
Sumber : http://inilah.com/news/read/politik/2010/05/06/513701/inilah-pekerjaan-sri-mulyani-di-bank-dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar