Senin, 28 Juni 2010

Kontroversi jilbab dalam olahraga ?

Sekali lagi mengenai jilbab yang sebenarnya sudah jelas tidak perlu lagi diperdebatkan dan diragukan lagi pengunaannya oleh seorang wanita yang mengaku dirinya seorang muslimah, namun dalam prakteknya dilapangan jilbab terkadang menjadi suatu yang dianggap aneh dan melanggar aturan dari mereka-mereka pembuat kebijakan apakah itu dalam pekerjaan atau bahkan adanya pelarangan pemakaian jilbab di suatu sekolah ( dulu pernah terjadi di suatu sekolah di Indonesia).tentunya tuntutan suatu pekerjaan–pekerjaan tertentu yang mengharuskan wanita itu tidak berjilbab dalam melaksanakan pekerjaannya? ....
Termasuk didalamnya dalam Olahraga ..aturan–aturan ketat masih begitu mewarnai pelarangan ini dalam ajang pertandingan-pertandingan Nasional apalagi International, entah apa yang melatar belakangi permasalahan ini ?

Beberapa hari lalu tayangan di stasiun televisi meliput penggunaan Jilbab team Bolla Volley Iran dalam kejuaran Bolla Volley Asia , team bolla volley Iran mengenakan kostum yang sangat berbeda dengan team-team lainnya mereka tampil dengan mengunakan jilbab menutupi kepala mereka,kaos lengan panjang dan celana panjang semua anggota tubuhnya pun terbalut dengan baik . sekali lagi sungguh menakjubkan.tak lagi memamerkan paha dan anggota tubuhnya yang lain.
Terus terang saya kaget kagum dan bersyukur ternyata dengan penuh komitmen mereka mengenakan jilbab ditiap kesempatan, termasuk dalam event international ini. Dengan jilbabpun tak mengurangi kelincahan dan kegesitan mereka dalam melakukan pertandingan Bolla Volley ini.padahal dalam hal ini Olahraga Volley ini dituntut untuk selalu bergerak lincah namun mereka tak mengeluh mereka enjoy-enjoy saja atas semua ini mereka seolah –olah mereka tak merasakan panasnya udara dalam stadion dan saat mereka bertanding, karena mereka tahu Panas didunia tak sepanas di neraka.yang jelas Team ini memberikan nuansa Positif dan Islami kepada Dunia Olahraga.
Saya salut kepada Team ini dan salut kepada induk organisasinya yang memperbolehkan pemakaian jilbab, mungkinkan jilbab ini diperbolehkan juga untuk cabang olahraga lainnya dimana wanita sebagai atletnya...kita tahu olahraga yang dulu dimainkan oleh Pria sekarang juga dimainkan oleh wanita , ada sepakbola wanita, tinju wanita, renang , atletik dan olahraga lainnya. Dan tentunya akan terasa lebih sregg menonton para atlet tersebut bertanding dengan jilbab-jilbab mereka dalam ajang nasional maupun international...hal ini tentunya kita harus mendukung perubahan-perubahan tersebut..termasuk di Indonesia pun berharap memperbolehkan atletnya yang muslim menggunakan jibabnya (sebagai contoh maaf yang saya tahu Pencak silat , terus apa lagi...ya mohon tambahin cabang Olahraga yang sudah memperbolehkan altlitnya mempergunakan Jilbab ,Trims)
Siapa tahu Indonesiapun akan memiliki atlet yang berprestasi di tingkat Nasional maupun International dari wanita-wanita yang menghiasi dirinya dengan jilbab, dengan catatan tentunya tak ada lagi aturan yang menghalangi nya. Karena saya yakin wanita-wanita muslimah inipun mampu berprestasi, tapi mereka mungkin lebih menyadari lebih baik memakai jilbab demi keridhoan Allah SWT dari pada melepaskan Jilbabnya hanya untuk mendapatkan Prestasi di Dunia ini saja.
Sekali lagi Jilbab tak kan menghalangi para muslimah termasuk atlit-atlit Olahraga untuk beraktifitas seperti biasanya,Prestasi dalam olahraga pun bisa terlaksana tanpa harus melepaskan jilbab.
(Apresiasi Penggunaan jilbab oleh Team Bolla Volley Iran )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar