Selasa, 01 Juni 2010

PROGRAM LINGKUNGAN DAN BUDAYA PROGRAM KEAHLIAN

A. LATAR BELAKANG

Program pelaksanaan lingkungan dan budaya merupakan faktor pendukung yang sangat vital dalam menunjang proses belajar mengajar, terciptanya suasana nyaman, bersih , asri akan memberi dampak yang positif bagi warga sekolah oleh karena itu SMK YKT 3 Bogor berupaya untuk menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan kebuthan seperti digariskan dalam Standar Pelayanan Minimal dalam pengangan kebersiham di lingkungan sekolah.

Pada prinsipnya semua program tersebut akan dapat berjalan dengan baik apabila adanya pengorganisasian yang baik pula, untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, maka perlu ditunjuk tenaga kebersihan yang terdiri dari unsur yang berkenaan dengan program kegiatan lingkungan.

Dalam rangka mengefektifkan kegiatan lingkungan tersebut maka kami mencoba untuk menyusun program kerja tenaga kebersihan dan pengolahan limbah sebagai acuan kerja pelaksanaan tugas masing-masing.


TUJUAN
1. Memberikan Motivasi Kepada Siswa Agar Selalu Senantiasa Menjaga Lingkungan Sekitar Yang Bersih, Indah Dan Asri Dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar.
2. Menumbuhkan Rasa Memiliki Kepada Seluruh Warga Sekolah.
3. Memberikan Pembiasaan Kepada Siswa Dan Guru, Untuk Selalu Membuang Sampah Pada Tempatnnya, Serta Mampu Memisahkan Antara Sampah Organik Dan Sampah Non Organik.
4. Memberikan Pembiasaan Kepada Siswa Dan Guru Dalam Pemeriksaan Lingkungan Sekolah Sehingga Menimbulkan Sekolah Yang Bersih Dan Sehat.

SASARAN
a. Ruang Kelas
b. Ruang Praktek
c. Ruang Adminstrasi Manajemen
d. Halaman
e. Wc/Kamar Mandi
f. Areal Sekolah

JENIS KEGIATAN
a. Program Kebersihan Lingkungan
b. Program Penanganan Dan Pengelolaan Limbah.

PELAKSANA
Tenaga kebersihan yang terdiri dari unsur penanggung jawab yaitu bagian sarana dan prasarana dan tenaga kebersihan yang dikukuhkan melalui surat keputusan kepala Sekolah.

Program kerja
Program kerja lingkungan , kebersihan dan pengelolaan limbah dibuat dan untuk dilaksanakan.

DAFTAR INVENTARIS DAN KEGIATAN PEMELIHARAAN LINGKUNGAN.
Daftar inventaris dan kegiatan pemeliharaan kebersihan dan pengelolaan limbah terlampir.

PENUTUP

Dengan disusunnya program kerja ini, diharapkan seluruh warga SMK YKTB 3 Bogor dapat termotivas untuk selalu merasa memiliki, meras perlu memelihara lingkungan sekolah, sehingga kepala sekolah akan selalu mendapat laporan yang lebih dini dan segera dapat memfasilitasi sarana penunjang kebersihanlingkungan.
Selain itu diharapkan pula agar tenaga kebersihan dapat bekerja sesuai dengan tugas dan kapasitasnya masing-masing secara terprogram dan berkelanjutan.
Selanjutnya tenaga kebersihan, sangat memerlukan masukan-masukan dari semua pihak, agar dapat mengadakan perbaikan untuk menuju kepada kesempurnaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar