Sabtu, 19 Juni 2010

PIALA DUNIA DAN SUPPORTER INDONESIA ?

Ditengah hingar bingarnya berita-berita dalam negeri mulai dari kasus century, skandal video porno artis, sampai dengan dana aspirasi n banyak lagi berita-berita dan kejadian yang mengundang begitu banyak perhatian dan pertanyaan dari masyarakat Indonesia. Namun semuanya itu berlalu bagaikan angin dan masyarakat pun seolah-olah hanya sedkedar ingin tahu dan selanjutnya peristiwa tersebut hilang diterjang angin dan hilang di ingatan kita.
Berbeda dengan yang satu ini……sepakbola suatu fenomena yang tak kan pernah hilang sepanjang masa (catatan selama Bola masih Bundar tentunya ) apalagi dalam hajatan yang begitu akbar Paiala Dunia Sepakbola jelas-jelas mata orang sedunia tertuju ke Afrika sana.

Yang lebih menarik lagi tak hanya mereka yang negaranya lolos di piala dunia yang begitu bersemangat membei dukungan bagi tim negaranya, Indonesiapun walau hanya sebagai penggembira dan mnejadi penonton saja selama ini turut larut dalam menyemarakan pal dunia tersebut , dibanyak tempat gelar NONBAR atau nonton bareng digelar tempat nonton bareng pun dipersiapkan mulai dari tempat yang ekslusif di hotel-hotel mewah sampai pos rondapun dijadikan tempat untuk ngumpul-ngumpul sambil menyaksikan pertandingan-pertandingan.
Fantastis….dengan adanya piala dunia seolah-olah ada perubahan prilaku dan sikap penggila sepakbola coba aja perhatikan tak segan orang mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli segala atribut atau busana Negara yang dijagokannya mulai dari topi, kacamata , kaos dan sebagainya dan mereka gunakan didepan TV atau pada saat mereka jalan ditempat umum hanya untuk menyatakan kebanggaan dan dukungan kepada tim yang mereka unggulkan. Suatu yang aneh tapi nyata mereka begitu menikmati ajang ini …..terkesan siapapun yang bertanding tak kan pernah melewatkan kesempatan untuk menonton (ingat loh nonton siaran langsung lebih menggelora dibandingkan dengan siaran tunda apalagi ulangan begitu kata mereka.
Kemana Para Suporter Liga Indonesia dalam Piala Dunia?
Masih ingat kan Suporter sepakbola Liga Indonesia ? mulai dari aremania, Viking, jakmania dan lainnya dengan cirri khas dan karkaternya masing-masing setiap kesebelasan mereka bertanding dimanapun para supporter ini selalu tampil dengan berbagai macam gaya dan atributnya belum dengan lagu-lagu khas atau istilahnya lagu kebangsaanya…….
Sekarang dalam ajang piala dunia ..kemana supporter panatik ini menyalurkan dukungannya kepada tim-tim yang berlaga di piala dunia sana jerman, argentina, prancis atau korea selatan ?..........wow tentunya jawabannya tidak bisa di generalisasikan begitu saja……
Sebagai contoh….Bogor memang punya Persikabo dan pendukungnnya sering disebut dengan kabomania …dengan kustom hijau kuningnya….tapi kenyataannya Bogor sendiri pun terpisah untuk daerah yang berbatasan dengan Jakarta mereka cenderung untuk bergabung dengan jak mania (tentunya nggak semuanya) hal ini menunjukan bahwa satu kota belum tentu akan memilih kesebelasan kesayangannya. Apalagi ajang piala dunia pasti mereka pun terpecah menjadi beberapa kelompok pendukung , memang hal ini bukan suatu pengecualian tapi mereka mempunyai pilihan siapa yang terbaik menurut versi mereka tanpa melihat Negara mana yang dijagokannya… yang mereka lihat kebelasan yang dianggap bermutu dan layak didukung dan setrusnya menjadi juara…itu menurut pandangan mereka.
Yang menarik tentunya kita pernah mendengar adanya aksi-aksi pendukung walau mereka bekumpul di satu tempat tanpa ada pengamanan mereka menyatu meneriaki memberi semangat…tak ada botol minuman yang melayang , yang ada hanyakegembiaraan mereka larut dalm tontotn yang menarik…
Kaos boleh beda nonton bareng siap……………sukses dan dukung tim kesayangannnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar