Sabtu, 12 Juni 2010

PROGRAM PELAKSANAAN KEBERSIHAN DAN PENGELOLAAN LIMBAH SMK YKTB 3 BOGOR

I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Program Kebersihan dan pengelolaan Limbah merupakan factor pendukung yang sangat vital dalam menunjang Proses Belajar Mengajar. Terciptanya suasana Nyaman, Bersih asri akan meberi dampak yang positip bagi warga sekolah Oleh karena itu SMK YKTB 3 Bogor berupaya untuk menyediakan sarana Prasarna yang sesuai dengan kebutuhan seperti yang digariskan dalam Standar Pelayanan Minimal dalam penanganan Kebersihan di Sekolah Menengah Kejuruan.
Pada Prinsipnya semua Program tersebut akan dpat berjalan dengan baik apabila adanya pengorganisasian yang baik pula, untuk mengantisipasi hal tersebut, maka ditunjuk tenaga Kebersihan, yang terdiri dari unsur-unsur yang dengan Kersihan dn Pengelolaan Limbah tersebut.
Dalam rangka mengefektifkan kegiatan tenaga Kebersihan tersebut ,maka kami mencoba untuk menyusun Program Kerja Tenaga Kebersihan dan Pengelolaan Limbah, sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas masing-masing,
Di bawah ini kami sajikan PROGRAM PELAKSANAAN PEMELIHARAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DAN PENGELOLAAN LIMBAH SMK YKTB 3 BOGOR


B. Tujuan
1. Memberikan motivasi kepada siswa agar selalu senantiasa menjaga lingkungan yang bersih untuk menunjang proses belajar mengajar.
2. Menumbuhkan rasa memiliki kepada seluruh warga sekolah,
3. Memberikan pembiasaan kepada siswa dan Guru, untuk selalu membuang sampah pada tempatnya
4. Memberikan pembiasaan kepada siswa dan guru dalam pemeriksaan lingkungan Sekolah sehingga menimbulkan sekolah yang bersih.

C. Sasaran
Lingkungan Sekolah yang meliputi Ruang Kelas, ruang Kepala Sekolah, Halaman , WC dsb.

D. Anggota Tim
Tenaga Kebersihan terdiri dari unsur – unsur penanggung jawab, yang dikukuhkan melalui Surat Tugas dari Kepala Sekolah ( terlampir ) Dibantu Oleh Office Boy

.
II. Program Kerja
Program Kerja Pemeliharaan Kebersihan dan Pengelolaan Limbah dibuat dalam bentuk matriks (terlampir)

III. Daftar Inventaris dan Kegiatan Pemeliharaan Kebersihan dan Pengelolaan Limbah
Daftar Inventaris Dan Kegiatan Pemeliharaan Kebersihan Dan Pengelolaan Limbahdibuat dalam terlampir.


IV. Penutup

Dengan disusunnya Program kerja ini, diharapkan seluruh warga SMK YKTB 3 Bogor, dapat termotivasi untuk selalu merasa memiliki, merasa perlu memelihara Lingkungan Sekolah, sehingga Kepala Sekolah akan selalu mendapatkan laporan yang lebih dini dan segera dapat memfasilitasi sarana dan penunjang kebesihan lingkungan
Selain itu diharapkan pula agar Tenaga Kebersihan dapat bekerja sesuai dengan tugas dan kapasitasnya masing-masing secara terprogram dan berkelanjutan.
Selanjutnya tenaga Kebersihan, sangat memerlukan masukkan-masukkan dari semua pihak, agar dapat megadakan perbaikan untuk menuju kepada kesempurnaan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar