Senin, 28 Juni 2010

RUMINGKANG : ANTARA TARI TRASIDISIONAL DAN MODERN ?

Anda tahu kan Rumingkang salah satu semi finalis dalam Indonesia mencari Bakat (IMB) yang ditayangkan Di TRANS TV setiap sabtu dan minggu malam jam tayang sekarang adalah 19.00 WIb. Sungguh tayangan yang begitu kreatif dan inovatif tapi ingat loh acara seperti ini bukan yang pertama diadakan kenapa tidak masih banyak acara yang sejenis intinya adalah mencari dan menghasilkan sosok yang mempunyai bakat, keistimewaan dan pemirsalah yang memilih dengan mengirimkan SMS. Semakin banyak polling SMS yang masuk tentunya harapan menjadi pemenang sudah ada di tangan.

Terus terang awalnya saya tidak tertarik melihat tayangan tersebut ? kenapa karena saya cenderung melihat informasi berita-berita terkini di metro ataupun TV One ,yang tentunya menurut saya jauh lebih informative !....itu menurut saya berbeda dengan anak saya yang masih duduk dikelas 2 SD lebih menyukai tayangan –tayangan seperti itu bagus juga sih buat menumbuhkan motivasinya . nah itu dia yang mendorong saya setiap sabtu atau minggu malam nonton IMB maklum TV di rumah Cuma ada satu eh..taunya sampai sekarang nonton terus dari pada rebutan sama anak kan nggak lucu terpaksa ngalah…
dari sekian semi finalis yang tampil malam tadi Minggu tanggal 20 juni 2010 ……semua peserta menurut saya adalah yang terbaik tak ingin rasanya ada yang tereliminasi semua bagus dengan talentanya masing –masing termasuk juri pun sama sehingga malam itu semua peserta tidak ada yang di suruh pulang (terima kasih ya para Juri)..tapi yang namanya lomba pasti dong ada yang tersingkir..iaya juga sih.
Kenapa Rumingkang…….?
Nah ini salah satu favorit saya (terus terang saya salut untuk semua Peserta )……bukan karena saya dari Bogor Jawa Barat , saya hanya meperhatikan yang selama ini jaipongan dikenal hanya sekedar tari yang indentik dengan tarian tradisional Jawa Barat (sunda) akan tetapi di Indonesia mencari Bakat (IMB) , melalui Rumingkang jaipongan disajikan dalam bentuk yang lain dikolaborasikan dengan dengan gerakan tari modern dan bahkan dipadukan dengan gerakan dari daerah yang lain.
Memang sih Jaipongan bisa dipadukan dengan unsur gerak atau alat music lainnya misalnya ada pongdut atau jaipong dangdut tentunya membuat jaipongan menjadi lebih variatif dengan music dan gerak yang penuh dikombinasikan sehingga jaipong dapat dinikmati lebih menarik oleh semuanya.
Salut untuk Rumingkang dan koregrafernya Buyung Rumingkang..maju terus saya sih berharap untuk maju ke babak selanjutnya ?.........Rumingkang Hatur Nuhun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar