Rabu, 10 November 2010

Obama dan Pendidikan

Kunjungan Presiden Obama ke Indonesia salah satunya mengisyaratkan peningkatan di bidang pendidikan, kenapa pendidikan menjadi sorotan yang begitu penting? Apakah karena hanya alasan historis Obama pernah mengenyam pendidikan SD di Jakarta atau karena alasan lainnya.Baca Selengkapnya



Pendidikan menjadi bagian yang dibicarakan oleh kerjasama Pemerintah Amerika serikat dan Indonesia dalam rangka kerjasama yang “ Relationship Dan Komprehensip” seperti yang disampaikan SBY dalam konperensi Persnya malam tadi, kata-kata cukup indah didengar.

Permasalahan pendidikan di Indonesia memang belum ideal seperti yang isyaratkan dalam UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003, tugas berat yang di emban oleh pemerintah dalam hal ini yang mencakup pendidikan ini begitu kompleks dengan berbagai kenyataan di lapangan masih begitu banyak anak-anak usia sekolah yang belum menikmati Sekolah, tingginya angka putus sekolah , belum terpenuhinya tuntutan 8 standard pendidikan di setiap jenjang Pendidikan.

Kebijakan dan Program pemerintah untuk mengantisipasi semua permasalahan tersebut memang sedang dijalankan seperti program Wajar dikdas 9 tahun yang insya Allah akan ditindak lanjuti dengan Wajar Dikdas sampai 12 tahun , adanya sekolah-sekolah gratis semata-mata mendorong dan memberikan kesempatan pendidikan sesuai dengan amanat Undang-undang, bahkan pemerintah melalui APBN mengalokasikan untuk Pendidikan sebesar 20% jumlah yang cukup besar, besarnya bantuan yang langsung di berikan kepada sekolah -sekolah mulai dari tingkat SD, SMP,SMA/K seperti BOS (Bantuan operasional Sekolah), BOMM (Bantuan Operasional Manajemen Mutu ), BSM (Beasiswa Siswa Miskin), RKB, dan bantuan lainnya membuktikan keinginan yang kuat untukmembenahi pendidikan sekarang ini.

Seiring Dengan Kehadiran Obama ke Indonesia berharap adanya gebrakan-gebrakan atau adanya terobosan yang besar dalam dunia pendidikan mungkin kita mesti menunggu bentuk dan langkah-langkah nyata apa yang akan dilakukan setelah pertemuan Bilateral ini sehingga Pendidikan di Indonesia bisa berjalan dengan semestinya dan merata.

Obama memang pernah sekolah di Indonesia wajar saja seandainya tidak hanya sebagai pribadinya tapi sebagai presiden Amerika Serikat turut mendorong adanya peningkatan dalam bidang Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar