Kamis, 16 Juni 2011

Jangan Lupakan Tulisan Lama

Bagi seorang yang mempunyai kegemaran dalam menulis atau menulis bisa juga merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari , terkadang ada anggapan kalau tak menulis sehari rasanya begitu hambar begitulah bila seseorang sudah jatuh cinta dalam kegiatan tulis menulis.
Semakin sering seseorang menulis semakin banyak pula hasil tulisan yang sudah dibuatnya tanpa sadar puluhan atau bahkan ratusan tulisan sudah dibuatnya dengan berbagai macam judul dan thema yang berbeda pula namun semakin sering seseorang menulis jangan lupakan pula “Nasib” tulisan lama yang sudah dibuat dalam artian tulisan lamapun masih tetap harus menjadi perhatian minimal harus mendapat sentuhan-sentuhan baru dengan mencoba mengedit/revisi kembali dan mendekati sempurna.(selengkapnya di Kompasiana)


Beberapa tips untuk tulisan lama :
  1. Sempatkan waktu 10-20 menit untuk membaca kembali tulisan-tulisan lama kita yang tersimpan
  2. Lakukan penyempurnaan terhadap tulisan tersebut bila dirasa masih kurang cocok baik dari struktur tatabahasanya ,kalimatnya dengan cara diedit dengan memperhatikan komentar dari pengunjung siapa tahu pengunjung ini memberikan pendapat ,saran maupun kritikan terhadap tulisan yang kita buat temasuk melengkapi fhoto-fhoto yang relevan untuk menguatkan tulisan.
  3. Berikan penandaan terhadap tulisan berupa Tags agar memudahkan penelusuran tulisan yang sejenis.
  4. Inventarisir semua tulisan yang dianggap terbaik siapa tahu ada keinginan untuk membuatnya lebih lanjut dalam bentuk sebuah buku.
  5. Biasakan mempunyai Backup Tulisan yang bisa disimpan di komputer pribadi guna menghindari hilangnya seluruh arsip tulisan dikarenakan website atau server yang biasa dipakai dinyatakan tidak aktif lagi.
  6. Tidak ada salahnya mempublish ulang tulisan lama yang dianggap masih relevan dan aktual atau bisa juga dengan memasang Links yang sudah ada dengan maksud mengarahkan pengunjung untuk membaca tulisan lama kita.
  7. Sering-seringlah menjelajah ketulisan -tulisan yang sejenis yang ditulis oleh orang lain siapa tahu tulisan yang dibuatnya adalah hasil Copas-an tulisan yang dibuat oleh kita.
Nah beberapa langkah tersebut guna menghindari adanya kesan ” datang yang baru yang lama ditinggalkan” , padahal tulisan baru maupun tulisan lama kita adalah merupakan asets berharga kita yang mesti kita rawat dan dipelihara juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar