Kamis, 16 Juni 2011

Untuk Siapa Kompasianer Menulis

Kemampuan kompasianer dalam menuangkan ide serta buah pikiran dalam suatu bentuk tulisan tak lagi diragukan puluhan bahkan ratusan tulisan setiap harinya berhasil di tulis dan dipublikasikan di kompasiana ini dengan beragam katagori sesuai dengan minat serta keinginan serta selera penulis dan disesuaikan dengan isi serta thema dari tulisan tersebut. (selengkapnya di Kompasiana )


Keinginan atau dorongan untuk menulis itulah seorang kompasianer terkadang sanggup menghasilkan tulisan yang bagus,inspiratif, menarik bahkan aktual tidak hanya subtansi tulisannya tetapi juga dari banyaknya jumlah tulisan yang berhasil ditulisnya wajar bila di kompasiana ini begitu banyak kompasianer yang begitu aktif dan produktif dan banyak pula yang hanya sesekali menulis.
Tergelitik dari hasil tulisan tadi sebenarnya untuk siapa tulisan ini ditujukan? untuk diri sendiri atau untuk orang lain , Alangkah tidak bijaksananya sorang kompasianer mengatakan “ saya menulis hanya untuk diri sendiri” padahal dengan sengaja kompasianer ini mempublish tulisannya pada media ini , realitanya tulisan yang sudah dipublish secara otomatis sudah pasti tulisannya di konsumsi untuk umum.
Secara garis besarnya ada beberapa alasan kompasianer menulis dan ditujukan kepada :
1. Internal Kompasiana , dalam artian tulisan yang dibuat kompasianer ini secara umum ditujukan bagi seluruh kompasianer yang bergabung di kompasiana tampak memperhatikan kecenderungan kompasianer dalam memilih katagory tertentu. Dan secara khusus bisa terjadi target dari tulisan yang dibuat kompasianer ini ditujukan kepada komunitas yang ada dikompasiana ini sesuai dengan katagory yang ada.
2. Eksternal Kompasiana , dalam hal ini sudah bisa dipastikan bahwa tulisan yang dibuat kompasianer ini tidak hanya dibaca oleh kalangan kompasianer sendiri melainkan juga dimaksudkan untuk dibaca juga diluar kompasiana , cara penyebaran tulisan biasanya dishare melalui facbook, tweeter atau jejaring sosial lainnya atau bisa juga link tulisan dikompasiana dipasang sesuai dengan yang dikehendaki.
Bila kompasianer menelaah atas suatu tulisan yang sudah dipublish di kompasiana sepersekian menit lalu misalnya ternyata sudah ada puluhan bahkan ratusan yang sudah mampir membaca tulisan kita , nah pertanyaannya dari mana pembaca ini berasal ? dari kalangan Internal kompasiana kah atau eksternal kompasiana? Bila kecendrungan pembaca adalah kalangan kompasiana sendiri sudah bisa dipastikan kompasiana masih kental dengan ‘Sharing Conection-nya” bisa jadi ratusan pembaca yang mampir suatu tulisan bukan dikarenakan ketertarikan atas tulisan tersebut melainkan ada faktor lainnya seperti adanya ketidak enakan karena jalinan teman atau bahkan sebagai feedback atas kunjungan yang telah dilakukan sebelumnya (ditandai dengan adanya Komentar), atau yang lebih tragis tertarik dengan judul yang demikian menarik tetapi tidak sebanding dengan isi dari suatu tulisan.
bila hal ini terjadi merupakan suatu tantangan bagi kompasiana melalui peran kompasianernya untuk lebih meningkatkan kunjungan /pembaca yang berasal dari luar Kompasiana, apalagi kompasiana dengan survey Online mulai mengadakan pemetaan yang sekirannya akan dijadikan bahan pengembangan kompasiana kedepannya baik dari segi layanan, kualiatas maupun bentuk media lainnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar